Pantai Cipunaga Garut, Surga Tersembunyi Yang Menyimpan Misteri

0
187

Garut (obormerah.com)- Pantai Cipunaga di Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kab.Garut, menyimpan banyak keindahan, pantai yang masih belum diketahui banyak orang, begitu pula dengan berbagai kisah yang tersembunyi dibalik panorama mempesona.

Baca juga : Miris, Pria Asal Sukabumi Tewas Gantung Diri Tinggalkan Sepucuk Surat

Pantai Cipunaga tak hanya seperti surga tersembunyi di Garut Selatan, Keberadaannya mungkin tak banyak diketahui orang lantaran posisinya yang masih jarang dikunjungi penikmat pantai.

Namun, sesampainya di sana, Anda juga tak akan rugi berkat panorama alam yang begitu indah dan suasannya yang tenang.

Debur ombak dan suara burung pantai akan memberikan kedamaian bagi pikiran dan hati dikala ingin melepas penat.
Disini Anda akan merasakan perbedaan yang mencolok saat kesibukan sehari-hari menguasai pikiran dan tenaga dengan heningnya pantai.

Pantai Cipunaga, Surga Tersembunyi yang Menyimpan Misteri, barisan bukit yang hijau mengelilingi pantai dan bentang pasir putih yang lembut menyempurnakan suasana magis.

Pantai Cipunaga bukan saja tempat rekreasi tapi juga tempat rekreasi religius patilasan ngadu hayam sering dikujungi para penjiarah yang ingin persugihan.

Untuk menuju pantai Cipunaga, Anda akan disajikan dengan pemandangan cagar alam dan pertenakan warga sekitar dan leuweng Sancang yang terkenal angker yang membentang luas.

Tak sampai disitu, setelah melewati Leuweng Sancang, akan Anda temui sebuah perbukitan yang dapat mengintip birunya laut dan luasnya alam semesta melalui celah-celah bukit.

Tak luput dari ke eksotisannya, pantai Cipunaga menyimpan sebuah misteri yang berkaitan dengan rimbunan pohon di sekitar pantai

Rimbunan pohon tersebut tumbuh di jalan setapak menuju ke arah pantai.

Konon ditempat itulah makhluk tak kasat mata itu tinggal. Bagi Anda yang dapat merasakan hal mistis, mungkin akan merasakan hawa yang berbeda.

Anda sebaiknya berhati-hati dan membaca larangan yang sudah tertera di setiap sudut.

Sebab, larangan tersebut hanya diberi tanda pembatas tali rafia yang artinya tidak boleh dilewati.

Tapi tak perlu takut untuk berkunjung ke pantai ini, selama Anda mematuhi larangan yang sudah tertera di setiap jalannya.

Di tengah rimbunan pohon itu, Anda dapat menemukan sungai yang berasal dari sumber mata air. Di area pepohonan itu juga terdapat larangan tidak boleh mengambil sesuatu dari situ.

Pantai ini juga memiliki gua yang biasanya digunakan bertapa.

Di sekeliling gua tersebut juga diberi pembatas tali rafia agar tidak sembarang orang dapat masuk ke dalam gua tersebut. Rumornya gua tersebut juga memberikan suasana yang mistis jika Anda menengoknya dari mulut gua.

Namun, ada yang mengatakan jika ada yang bisa masuk ke dalam gua maka permintaanya akan terpenuhi. Tapi tentu tempat ini akan sulit dijelajahi lantaran selain sempit, gua tersebut juga dipenuhi dengan tajamnya karang.

Adapun cerita dari para warga setempat, konon gua tersebut pernah menjadi tempat bertapa Raja Padjadjaran Prabu Siliwangi

Terlepas dari mistisnya, pantai Cipunaga ini menjadi pilihan bagi orang-orang yang hoby memancing lantaran terdapat sumber air tawar dan suasananya tak seramai pantai-pantai lainnya.

Baca juga : Danrem 162/WB Bangga Atlet Tinju NTB Masuk Final

Untuk menuju ke pantai Cipunaga ini, Anda dapat menggunakan roda dua maupun roda empat.

Dari pusat Kota Tasikmalaya ambil arah jalan Karangnunggal lalu lurus saja ke Selatan sampai ke Cipatujah dan menuju ke Sancang Selanjutnya ambil arah ke Sancang atau leuweng Sancang, kemudian Anda akan menemukan anak panah menuju Pantai Cipunaga.(Ayi)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here