Kekeringan, Perumda AM TJM Kab.Sukabumi Salurkan Air Bersih

0
454

Kab. Sukabumi (Obormerah.com)- Dampak kekeringan di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, kini mulai terasa. ‎Ratusan kepala keluarga di wilayah tersebut kesulitan mendapatkan air bersih untuk konsumsi maupun kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK) karena sumur mulai kekeringan.

Terkait hal itu, Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (AM TJM) Kabupaten Sukabumi menyalurkan air bersih kepada warga Kampung RT 02/11, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Rabu (21/8/2019).

Pantauan dilapangan, saat kendaraan tangki yang mengangkut air bersih langsung di serbu warga dengan membawa ember dan Jerigen berbagai ukuran yang berjejer di sejumlah titik di pinggir jalan.

Pelaksana Tangki Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Danu Abdurrojak mengatakan bahwa pihaknya baru mendapatkan pengajuan dari warga tadi pagi.

“Ini ajuan baru masuk pagi. Intruksi dari Bupati kepihak kami bahwa disini ada warga kesulitan air bersih. Makanya kita bantu penyaluran air bersih ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Danu menjelaskan sebelumnya beberapa hari kebelakang pihak Perumda AM TJM sudah menyalurkan bantuan air bersih ke warga kampung Jujuluk Pasir Randu, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok.

“Insya Allah kita optimalkan semaksimal mungkin kedepan, nanti kita kordinasikan dengan pihak instansi terkait. Kita mencoba mengirim 4000 liter tapi melihat kondisi seperti ini sepertinya akan lebih mungkin dua trip,” pungkasnya.

Sementara, Ketua RW 11, Fahrudin menyatakan di Kampung Purajati terdapat sekitar 124 kepala keluarga dengan kurang lebih 350 jiwa sudah lama mengalami kesulitan air bersih.

“Selama ini warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih harus mengambil air ke sungai yang lokasinya cukup jauh sekitar 1 hingga 2 km menggunakan motor,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua RW atas nama warga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah menyalurkan air bersih.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada pihak pemerintah melalui Dinas Perumda TJM Mandiri. Kami berharap bantuan air bersih ini kalau bisa dua hari sekali atau satu hari sekali,” tandasnya.(Hery)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here