Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan di Palabuanratu Terbakar

0
94

Kab. Sukabumi (Obormerah.com)- Peristiwa kebakaran melanda lahan kosong milik PT. South East Java di Kp. Cipatuguran Rt.8/3, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (12/8/2019).

Berdasarkan data laporan dari Ketua Regu B IV Sektor Palabuhanratu, Iwan Ahmad AG menyebutkan kebakaran tersebut tepatnya terjadi sekitar pukul 18.15 WIB.

“Kami dapat laporan melalui telepon setelah adzan magrib dari karyawan PT. South East Java yaitu Ibu Messa bahwa telah terjadi kebakaran,” ujarnya.

Setelah mendapatkan laporan, tambahnya, langsung menerjunkan anggota menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran.

“Kami menerjunkan dua unit kendaraan pemadam dengan 9 anggota bersama Danpos, masing-masing kendaraan dua kali pengambilan air. Alhamdulillah kobaran api dapat dipadamkan sekitar 30 menit kemudian,” terangnya.

Tak hanya itu, Iwan juga mengatakan pihaknya sempat khawatir mengingat jarak lahan yang terbakar sangat dekat dengan pemukiman warga, hanya berjarak sekitar enam meter dan dibatasi jalan gang.

“Pertama datang kami langsung melakukan pemadaman yang berdekatan dengan pemukiman warga. Dengan dibantu warga sekitar akhirnya kami bisa dengan cepat memadamkan kobaran api tersebut,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan, dugaan kebakaran terjadi akibat puntung rokok yang dibuang warga yang sedang melintas secara sembarangan.

“Dengan kondisi lahan kosong yang ditumbuhi alang-alang kering membuat api dengan cepat membesar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut hanya lahan terbuka saja yang terbakar,” tandasnya. (Hery)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here