Cegah Tonase Muatan Truk, Dishub Kab.Sukabumi Siapkan Timbangan Portable

0
132

Kab.Sukabumi (Obormerah.com)- Dinas Perhubungan Kab.Sukabumi akan menggunakan timbangan portable, untuk mengetahui tonase muatan truk barang yang melintas di sejumlah ruas jalan di Sukabumi

Kepala Dishub Kab.Sukabumi Ir Lukman mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pengadaan timbangan potable, untuk memantau truk yang membawa muatan.

“Pengadaan timbangan portable dari APBD 2019 ini dimaksudkan untuk pengawasan dan pengendalian angkutan barang. Mengingat selama ini, truk yang kelebihan tonase selain menjadi salah satu penyebab keruskan jalan, juga penyebab sejumlag kecelakaan,” katanya.

Menurutnya, timbangan portable tersebut akan digunakan mulai tahun mendatang. Saat ini petugas operator masih mengikuti pelatihan untuk mengoperasikan timbangan tersebut.

“Nanti hanya butuh tiga operator, termasuk yang memasukkan data dan disesuaikan dengan nomor polisi. Nantinya akan ketahuan apakah truk tersebut kelebihan tonasi atau tidak,” terangnya.

Diakui, saat ini jika didapati truk yang melebihi tonase, sanksi yang diberikan masih sebatas persuasive. Yakni barang yang dimuat diminta untuk diturunkan. Mengingat belum ada payung hukum yang mengatur secara rinci terkait sanksi kepada truk membandel tersebut.

“Aturan masih secara umum, baru mengacu pada undang-undang. Tetapi kedepan, kami menunggu payung hukum yang lebih detail seperti Peraturan Daerah,” lanjutnya.

Lukman menambahkan, tonase muatan truk idealnya antara 40 ton hingga toleransi 50 ton. Dengan timbangan portable ini, akan lebih praktis dalam memeriksa truk-truk yang nekat membawa barang yang melebihi tonasi. Misalnya, truk galian c dan beberapa truk yang membawa pasir dan lainnya.

“Dengan rutin dilakukan pemeriksaan tonase muatan diharapkan, jalan akan awet dan tidak cepat rusak,” pungkasnya.(Edy)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here