Ribuan Masyarakat Sukabumi Bersama TNI-Polri, Muspika Dan Pelajar Kompak Bersihkan Pantai Loji

0
97

Kab.Sukabumi (Obormerah.com)- Masyarakat bersama Muspida Kab.Sukabumi serta pemerhati lingkungan dan melibatkan para pelajar dibantu TNI Kodim 0622 Kab.Sukabumi melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai Loji, Kecamatan Simpenan sepanjang 2,5 kilometer, Kamis (18/07/2019).

“Ini momen penting bagi kita semua. Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama masyarakat, pelajar dan pemerhati lingkungan terutama pada unsur TNI yang telah menjadi pencetus gerakan bersih-bersih pantai,” kata Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono.

Lebih lanjut Wabup mengatakan sangat mengapresiasi kepada TNI terutama Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi yang selalu membantu kegiatan dan sudah beberapa kali melakukan giat bersih pantai.

“Saya sangat bangga dengan kehadiran ribuan peserta dengan sukarela memungut sampah dipinggiran pantai sepanjang 2,5 kilometer. Karena pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi semua pantainya adalah tempat wisata apalagi daerah ini termasuk kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu,” terangnya.

Wabup juga berharap bukan hari ini saja kita melakukan bersih-bersih, tapi kedepannya juga harus terus menjaga lingkungan sekitar kita. Kami juga mengakui untuk saat ini masih kekurangan tenaga kebersihan baik itu sifatnya pegawai maupun kendaraan operasional pengangkut sampah.

“Ya sangat terbatas. Kalau melihat keadaan luasan Kabupaten Sukabumi ini. Sehingga perlu peran aktif dari semua kalangan masyarakat maupun pihak swasta. Terutama bagi penerima manfaat dari kunjungan para wisatawan yang datang ke Geopark Ciletuh palabuhanratu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Denis Ariska menuturkan hari ini bisa terwujud melakukan giat pungut sampah dipantai sangat banyak dan harapan pemerintah daerah ini menjadi suatu pembiasaan.

“Kedepan akhirnya masyarakat tidak perlu kita minta, otomatis ketika mereka main kepantai dengan sendirinya sadar karena dengan kebiasaan melakukan aksi bersih-bersih ini dapat memperhatikan dan menjaga lingkungan biar tetap terjaga kebersihan pantai,” tuturnya.

Jadi untuk hari ini, tambahnya, kita melakukan bersih-bersih dipantai Loji dan kita juga melakukan disepanjang pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Untuk pantai loji saja kita sudah beberapa kali melakukan bersih-bersih pantai. Ini dari tahun kemarin, ya intinya simulan dan hampir tiap minggunya kita turun kelapangan. Bukan hanya itu kita juga menurunkan alat berat untuk mempercepat kebersihan,” tandasnya.

Kata Denis, selain itu juga sampah yang ada dipantai merupakan sampah kiriman dari laut maupun dari sungai-sungai yang bermuara dilaut yang akhirnya terdampar dipantai.

“Kami juga terus menerus melakukan himbauan terhadap masyarakat agar tidak membuang sampahnya kesungai. Terutamanya kepada masyarakat yang bermukim disepadan sungai,” imbuhnya. (Hery)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here