Aksi Solidaritas Wartawan, JBP Serahkan KTA Pokja, Namun Ditolak Kapolres Banjar

0
270

Banjar (obormerah.com)-Tindakan kekerasan oknum aparat polisi terhadap wartawan photografer tempo, Prima Mulia dan koresponden freelance, Iqbal Kusumadireza (Reza).Menuai kecaman keras dari Jurnalis Banjar Patroman (JBP) dengan melakukan aksi solidaritas di Alun-Alun Kota Banjar, Kamis (2/5/2019).Bahkan sebagai rasa solidaritas itu, JBP menyerahkan KTA Pokja Polres Banjar.

Namun, Kapolres Banjar AKB Yulian Perdana yang juga turut hadir dalam aksi itu.Ternyata menolak penyerahan KTA pokja tersebut, sambil menjelaskan, peristiwa itu dilakukan oknum.Jadi harus memahami situasi dilapangan itu seperti apa dan tidak ada sedikitpun niatan dari TNI dan POLRI untuk menyakiti rakyat, bukan hanya jurnalis atau siapapun.

Korlap aksi tersebut, Anggoro aksinya itu sebagai bentuk solidaritas atas tidakan refresif aparat tersebut.Padahal seharusnya mengayomi bukan menghakimi, sehingga pihaknya menuntut penegakan supemasi hukum atas kejadian tindakan kekerasan tersebut.

“Karena tugas wartawan di lindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999, bahkan dipasal 18 disebutkan menghalang-halang tugas wartawan merupakan pelangaran dan bisa di jerat pidana kurungan maksimal 2 tahun atau denda Rp 500.000.000,”bebernya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana mengajak semua pihak jangan mudah terpancing.Jangan karena perbuatan seseorang oknum, maka semuanya ikut bersalah.Tetaplah jaga persahabatan, sebab sudah banyak dirasakan kemitraan antara pers dengan Pemkot Banjar, Polri dan TNI selama ini.(TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here