Kemana Modal 400 Juta!BUMDES Desa Sukaraja Wetan Majalengka Bangkrut?

0
539

Majalengka (obormerah.com)-Sejumlah
warga di Desa Sukaraja Wetan Kecamatan Jatiwangi Majalengka.Mengeluhkan tidak aktifnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak pada bidang simpan pinjam dan jual beli.Padahal BUMDES tersebut pernah dapat suntikan 400 juta dari pemerintah melalui anggaran dana desa peradaban 2012.

Pada 2012, Desa tersebut mendapatkan program desa peradaban 1 miliar dan 40 persen dialokasikan permodalan usaha desa BUMDES.Diantaranya sektor jual beli gabah, jual beli genteng, pengadaan peralatan fitness, pembelian kendaraan roda empat bekas, jual perabotan rumah tangga bahan pelastik dan mesin photo copy.

“Tapi sekarang usaha BUMDES tersebut diduga tidak berjalan mulus.Sejumlah modal BUMDES diduga entah kemana atau memang bangkrut.Keuangan BUMDES diduga sebagian hilang.Adapun mobil pick up sudah tidak bisa digunakan karena rusak, peralatan fitnes sudah tidak utuh lagi,” heran salah satu sumber yang namanya tidak mau di sebut namanya, Rabu (6/2/2019).

Di tempat terpisah, mantan Kepala Desa Sukaraja Wetan, Didi.Saat dikonfirmasi via selulernya, menjelaskan program itu bantuan desa peradaban sudah lama.Usaha tersebut ada bangkrutnya dan itu sudah serah terima melalui inspektorat dan provinsi.Semua keuangan sudah serah-terimakan kepada kepala desa yang baru.

Sementara Kepala Desa Sukaraja Wetan, Oing Abdul Khohim mengatakan masalah BUMDES telah diketahui dan dilaporkan ke Dinas Pemberdayaan Desa Majalengka.Serta sudah tidak ada masalah lagi.(Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here