Proyek Peninggian Jalan, Penyebab Banjir di Cikupa?

0
244

Kab.Tasik (obormerah.com)-Warga Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.Telah menuding proyek peninggian Jalan Karangnunggal sebagai salah satu penyebab banjir bandang.

Pasalnya, sebelum ada proyek peninggian dan pelebaran jalan Provinsi  ini, wilayah Sindangreret dan sekitarnya tersebut tidak pernah terkena banjir separah itu.

Koko, warga Sindangreret Desa Cikupa mengatakan banjir bandang tersebut.Tidak hanya terjadi di Sindangreret, tetapi juga di dusun Mekarsari, Dusun Cikaret dan Mekarjaya.

“Ya karena dengan adanya proyek peninggian jalan tersebut.Sehingga mengakibatkan banjir.Karena dimungkinkan karena ketinggian struktur jalan Karangnunggal melebihi daerah perkampungan.Saya minta kontraktor membuat saluran air di samping lokasi pembangunan jalan dan membuat drainase,”pintanya.

Kepala Desa (Kades) Cikupa, Yudha Heryadhi mengungkapkan baru tahun ini banjir melanda wilayahnya hingga masuk ke rumah sejumlah masyarakat.Akibatnya membuat warga menjadi cemas.

“Jalan Sindangreret  yang memiliki daratan rendah sedangkan pembangunan jalan provinsi tinggi.Apalagi tanpa ada drainase otomatis air ke bawah seperti penghalang.Air yang biasanya meluber ke daerah lain, malah berbalik dan memasuki rumah-rumah,” kesalnya, Selasa (6/11/2018).

Yudha pun meminta Dinas PU provinsi Jabar selaku leading sektor untuk melakukan antisipasi guna menghindari banjir serupa di kemudian hari.Karena saat ini, kalau hujan turun, warga yang tinggal di Sindangreret sekitarnya sangat cemas.(Rudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here