Turun Sebesar 60 Persen, Pengunjung Objek Wisata Situ Gede

0
224

Kota Tasik (obormerah.com)-Objek wisata Situ Gede yang berada di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.Kini kondisinya sepi pengunjung.Apalagi sejak beberapa bulan ini debit air mengalami penyusutan yang sangat drastis.

Bahkan dengan adanya penyusutan air tersebut, puluhan perahu yang biasa membawa penumpang berwisata tak bisa lagi beroperasi lagi.Karena air dalam kondisi sangat dangkal.Sehingga di kawasan itu kini tumbuhi sejumlah tumbuhan liar yang berwarna hijau.

Dudi salah satu pengelola UPTD Situ Gede menuturkan dampak kekeringan tersebut.Eksesnya terjadi penurunan pengunjung sebesar 60 persen, termasuk mereka yang sering olah raga.Sehingga tentunya otomatis omzet sejumlah pedagang dan para pemilik perahu sewa pun menjadi turun.

“Iya selama ini kan, Situ Gede itu daya tariknya karena ada air.Pasalnya bisa di gunakan untuk berlayar naik perahu.Namun di musim kemarau ini air pun jadi surut.Bukan hanya berdampak kepada kunjungan wisatawan saja.Tapi juga kepada sejumlah sawah di sekitarnya,”tuturnya, Minggu (7/10/2018).

Kata Dudi dengan kondisi demikian itu.Kini situ tersebut di manfaatkan oleh sejumlah warga untuk latihan motor cross.Sebenarnya akibat dampak musim kemarau itu.Setiap tahun sudah biasa terjadi.Namun untuk tahun ini cukup lama.Padahal biasanya September-Oktober itu sudah masuk musim hujan.

“Mudah-mudahan saja musim hujan segera datang.Karena di musim kemarau ini, jadi ripuh tidak ada air.Sedangkan terkait berapa target PAD selama ini.Silahkan saja tanya ke Ibu Erma bendahara penerima di Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya,” pungkasnya.(AR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here