Abdul Rojak, Sang Maestro Pembuat Terowongan, Masih di Kenang

0
201

Kab.Tasik (obormerah.com)-Meski sudah meninggal dunia.Tapi sosok (Alm) H.Abdul Rojak sang peraih piala kalpataru asal Desa Neglasari Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya itu.Hingga kini jasa dan kreativitasnya masih melekat di ingatan kalangan masyarakat.

Pasalnya sang peraih gelar kalpataru itu pernah berbuat banyak untuk kepentingan masyarakat umum.Sebab pada 1972 pria tersebut mampu membangun terowongan sepanjang 240 meter yang bisa mengairi pesawahan seluas 100 hektar.

Bahkan dari terowongan jalur primer sepanjang 3 kilo meter itu.Dapat mengakhiri 4 blok pesawahan.Serta juga jalur primer sepanjang 27 meter tersebut.Selain itu ,mampu memikat para pengunjung dan perhatian pemerintah pusat.Sehingga pada 1987 meraih gelar kalpataru dari Presiden Soeharto.

“Bersamaan dengan itu juga, H.Abdul Rojak mendapat penghargaan dari Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya.Dalam rangka pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup,” papar Mas’ud salah satu anaknya H Abdul Rojak tersebut, Senen (17/9/2018).

Kata Mas’ud setelah ayahnya meninggal itu, dirinya akan meneruskan jejak langkahnya.Dengan tujuan ingin meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat harus bisa menjadi petani yang mukti.Supaya bisa sejahtera, di bidang penghidupan perekonomian terutama bidang ketahanan pangan,” pungkasnya.(MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here