Angkutan Delman di Kota Tasik Terancam Punah

0
180

Kota Tasik (obormerah.com)-Angkutan delman di Kota Tasikmalaya.Kini terancam bakal punah.Pasalnya tergerus oleh sejumlah angkutan umum moderen lainnya.

Selain itu juga dari sisi pendapatan dengan biaya perawatan pun tidak sebanding.Terutama untuk pakan kuda dan biaya pemijitan setiap hari.

“Sedangkan setiap hari itu pendapatan paling tinggi hanya sebesar Rp 50 ribu.Bahkan kalau sepi itu cuma Rp 30 ribu.Dengan pendatan sebesar itu tidak cukup.Belum lagi untuk keperluan keluarga,”terang Ajo kusir delman Purbaratu, Kamis (16/8/2018).

Ajo mengeluhkan dengan kondisi sekarang ini.Selain penumpang sepi, karena bersaing dengan angkutan umum lainnya juga mahalnya perwatan kuda.Sebab setiap hari harus makan telur dan di pijit.

Sampai saat ini di Kota Tasikmalaya itu, ada sekitar 60 delman.Di tiga Kecamatan seperti Purbaratu, Cipedes dan Tamansari.Jumlah itu sangat minim di bandingkan dulu.

“Kalau boleh saya berpesan kepada Walikota Tasikmalaya, segeralah cari solusi untuk melestarikan kendaraan yang berbau kebudayaan ini,”pintanya.(Heli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here